Selasa, 01 Maret 2011

Ragam Model Pembelajaran


Apakah belajar dengan sistem ceramah efektif ??
Belajar dengan sistem ceramah atau Teacher-centered dimana guru adalah faktor penting dalam sistem pembelajaran ini.Sistem ini efektif dalam suatu mata pelajaran yang pasti,misalnya Matematika.Tetapi dalam ilmu sosial,murid dituntut untuk lebih aktif.
Tiga alat umum disekolah yang berguna dalam perencanaan Teacher-centerd adalah :
  • ·         Sasaran behavioral adalah pernyataan yang menyatakan perubahan dalam perilaku murid untuk          mencapai tujuan kinerja yang diharapkan.
  • ·         Menganalisis tugas yang difokuskan pada pemecahan suatu tugas kompleks yang dipelajari murid menjadi komponen-komponen.
  • ·         Menyusun taksonomi instruksional atau sistem klasifikasi.Pada klasifikasi ini,sasaran pendidikan dibagi menjadi 3 domain yaitu kognitif,afektif,dan psikomotor.
    
Pada sistem ceramah guru adalah maha tahu.Ekspetasi guru yang tinggi atas kemajuan murid,dan memaksimalisasi waktu yang dihabiskan murid untuk tugas-tugas akademik.Strategi dalam pembelajaran ini adalah strategi instruksional Teacher-centered yang membicarakan tentang mengorientasikan murid pada materi baru,mengajar, menjelaskan dan mendemonstrasikan, menanyakan dan diskusi, penguasaan pembelajaran, tugas dikelas dan pekerjaan rumah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar